Sabtu, 08 Oktober 2011

Manfaat & Inti Musik

MANFAAT & INTI MUSIK
by: Jelia Megawati Heru



Musik merupakan salah satu kontribusi seni yang paling penting dalam sejarah perkembangan manusia dan merupakan multi-disiplin ilmu yang mengkoordinasi seluruh aksi fisik-mental manusia. Contoh yang paling sederhana adalah menyanyi. Menyanyi memerlukan persyaratan koordinasi antara tubuh serta pikiran yang melibatkan indera manusia, mengaktifkan persepsi motorik-sensorik-kinetik individu dan fungsi kerja otak kanan-otak kiri (linguistik dan logika-matematika) untuk menghasilkan respon bernafas, kontrol nada, pembacaan teks dalam bahasa asing dan sistem notasi balok.

Selain itu, musik secara spiritual dapat memperkuat stabilitas ekspresi kondisi emosi dan intelektual seseorang yang tidak dapat diungkapkan secara verbal dengan baik, seperti: setia, percaya, pengharapan, pengagungan/devosi, bahagia, kepuasan, dan cinta.  Sehingga musik juga mempunyai efek dan fungsi terapis/menyembuhkan.

Oleh karena itu maka tidaklah heran apabila masyarakat global sudah menganggap musik sebagai aspek yang sangat penting dan tidak terpisahkan dalam kehidupannya, dimana musik mempunyai berbagai fungsi, seperti: berburu (hunting), musik spiritual, baris-berbaris (marching) sampai menari, menyanyi, entertainment, self expression hingga self fulfillment/self satisfaction. Sehingga tidaklah heran, musik menjadi salah satu kebutuhan yang penting bagi setiap individu.

FUNGSI INTI MUSIK
  • memperbaiki kualitas hidup dalam komunitas kita 
  • menciptakan individu yang mempunyai inteligensi musik yang tinggi daripada melatih musisi professional
  • mengajarkan kita tentang diri kita sendiri 
  • mendorong kita untuk menjadi manusia yang lebih baik 
  • meningkatkan stabilitas pengekspresian kondisi emosi-intelektual seseorang yang tidak terungkapkan – seperti: rasa percaya, kesetiaan, pengharapan, pengagungan/devosi, bahagia, kepuasan, dan cinta   

MUSIC AS AN UNIVERSAL LANGUAGE & THE DEEPEST SELF-FULFILLMENT MEDIA

Musik sebagai bahasa yang universal, merupakan media pengekspresian yang terdalam dan tidak terbatas dari setiap aksi sosial individu dalam lingkungannya, yang membantu kita merasakan impuls untuk mendapatkan pengalaman dan lingkungan berkreativitas yang menyenangkan dan memuaskan (self satisfaction/self fulfillment) – baik secara fisik, emosi, intelektual, moral, mental dan spiritual, yang dituangkan melalui bunyi, gerak, dan struktur. Walau musik bisa sangat matematis dan eksak, tetapi musik dapat menciptakan emosi, menggerakkan perasaan manusia. 

Karena itu musik merupakan media yang ideal dan sangat menyenangkan untuk menemukan jati diri, mengeksplorasi kemampuan seseorang dan mengekspresikan diri (self expression) - yang bisa mewakili esensi, hasrat terdalam manusia, yang tidak dapat diungkapkan oleh kata-kata. Hal ini merupakan aspek estetika dari musik.


“Music, therefore, if regarded as an expression of the world, is in the highest degree a universal language, which is related indeed to the universality of concepts, much as they are related to the particular things.Music is the answer to the mystery of life. The most profound of all the arts, it expresses the deepest thoughts of life." - Schopenhauer –
“Music expresses that which cannot be put into words and cannot remain silent, soothes the mind and gives it rest. Heals the heart and makes it whole, glows from Heaven to the soul”
- Victor Hugo (1802 – 1885) -

“Where music can go no further, there comes the word… the word stands higher than the tone."
 - Richard Wagner -

“Music not only as a subjective human 'language' but as an absolute transcendent means of peering into a higher realm of order and beauty”
- Johann Wolfgang von Goethe-


MUSIC BUILDS SELF CONFIDENCE

Musik mampu mengembangkan sosial dan karakter seseorang, termasuk di antaranya:  
  • kepercayaan diri yang tinggi
  • pengekspresian diri, disiplin yang tinggi
  • kreativitas individu
  • kemampuan akademik yang baik
  • bergaul dengan orang lain. 
Ketika seseorang dapat memperoleh kesuksesan dalam menyelesaikan beragam tugas melalui bermain musik, maka kepercayaan dirinya akan meningkat. Begitu pula dengan pengekspresian diri, ketika seseorang belajar melalui pengalaman dalam menciptakan musik, maka musik akan menjadi perantara yang menghubungkan dirinya dengan lingkungan di sekitarnya. 

Menciptakan musik membantu seseorang untuk mengintepretasikan siapa dirinya. Ketika ia memahami apa koneksi dari latihan berjam-jam dengan kualitas dari performanya, maka rasa disiplin akan menjadi pemicu dirinya untuk berlatih lebih baik lagi (self reinforcing) – hal ini akan menjadi latihan yang baik untuk mengerti hubungan antara disiplin diri dengan kondisi/kasus kejadian dalam kehidupan sehari-harinya.
 
Setiap manusia sangat membutuhkan keberhasilan untuk mendapatkan pengakuan dari lingkungannya (recognition). Hal ini merupakan bagian dari proses perkembangan diri menuju ke kedewasaan. Setiap keberhasilan akan mengkontribusi manusia untuk menuju ke arah perkembangan kepribadiaan yang positif. Dalam hal ini musik setiap kali menyediakan kesempatan bagi anak untuk meraih kesuksesan secara individu, sehingga ia menjadi percaya diri, karena anak yang berpartisipasi tersebut belajar mengenali diri mereka sendiri dan belajar untuk percaya pada kemampuan mereka sendiri sebagai seorang individu.

ENHANCES SOCIAL DEVELOPMENT 
Social-Cultural & Communication Aspect

Sejak musik menjadi bahasa yang universal, maka musik juga mempunyai satu keunggulan untuk berintegrasi dengan ilmu/bidang yang berhubungan dengan humanitas yang memungkinkan individu untuk mempelajari hubungan di berbagai area dan aktivitas manusia.

Seseorang yang memainkan musik, baik di dalam ensemble, marching band maupun orkes, ia akan mempunyai nilai lebih, dimana ia akan mempunyai apresiasi yang baik terhadap sejarah, kultur, ragam musik dengan berbagai genre dari daerah tempat asalnya dan juga orang lain. Ketika anak bergabung di dalam satu grup/komunitas, mereka menjadi bagian dari grup tsb, dimana kesuksesan tergantung dari kerja sama kelompok dan tim (team work). 

    
 

Di dalam band maupun orkes, setiap individu ikut mengkontribusi sehingga mereka belajar untuk mengapresiasi bahwa orang lain turut mengambil bagian dalam kesuksesan mereka dan vice versa. Mereka juga mempelajari kemampuan berkomunikasi, mengatasi konflik dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah (problem solving) – ini merupakan pelajaran yang sangat berharga dan akan dibawa sampai sepanjang hidupnya. Dari sinilah anak menjadi lebih mudah untuk bergaul dan berteman dengan anak-anak yang mempunyai latar belakang dan minat yang sama. Selain itu ada satu unsur yang tidak boleh terlupakan dalam musik, yang sangat penting dalam pembelajaran dan tidak bisa ditawarkan oleh bidang yang lain, yaitu: MUSIC is FUN!  

Berdasarkan manfaat dan inti (esensi penting) dari musik diatas, oleh karena itu permainan instrumental, khususnya didalam sebuah grup (ensemble) menjadi sebuah format konser yang sangat menarik untuk ditampilkan karena unsur sosialnya yang tinggi dan unsur interaktif yang tidak dimiliki oleh permainan instrumental solo. 

PART of LIVING & HISTORY


Musik diwariskan, ada di setiap sifat manusia dan di dalam diri kita masing-masing. Seorang bayi akan meresponi bunyi ritmik, dimana ia akan mulai bergumam sebelum berbicara. Ritmik dan musik selalu ada di alam sekitar kita – bunyi detik jam, detak jantung kita, burung berkicau, berjalan, TV, dll. Musik selalu merefleksikan lingkungan, kultur, daerah di sekitar kita dan mewakili waktu/moment ketika ia diciptakan. Musik menghubungkan kita dengan sejarah, tradisi dan tempat asal kita. Musik mendominasi dunia, mampu memupuk rasa kebudayaan, kecintaan dan apresiasi kita terhadap tradisi daerah asal kita dan juga orang lain (cross culture). Hal ini merupakan salah satu aspek dan nilai intrinsik musik.

LIFETIME VALUE & MODEL for LIFE

Berbeda dengan ilmu/disiplin yang lain, musik sangat menyenangkan untuk dipelajari. Kita semua dapat menikmati musik dan lebih menyenangkan lagi dalam menciptakan musik. Ada kesenangan dan kenikmatan tersendiri dalam bereksprimen dengan instrumen musik, bermain musik dengan rangkaian nada sehingga tersusun menjadi sebuah melodi yang indah (aspek estetika). Ada pengalaman yang unik dan kepuasan yang spesial dalam bermain dan tampil bersama di dalam satu band atau orkes, yang akan teringat di sepanjang hayat kita. Dan kesenangan dalam menemukan tantangan yang baru dan mengatasinya secara ‘cantik’.

THERAPY EFFECT
Healing & Relaxation

Musik itu indah dan nikmat! Musik dapat mengubah tubuh kita: secara fisik, mental, bahkan secara kimia. Musik telah lama dikenal sebagai alat terapi yang hebat. Telah terbukti secara ilmiah, bahwa musik bisa membantu mencegah, meringankan, dan menyembuhkan berbagai penyakit serta ketidakberesan pada tubuh dan mental kita.


Beberapa efek terapis musik: 
  • berkurangnya stress
  • hilangnya rasa sakit, kesepian, dan depresi
  • bertambahnya energi, performa kerja yang lebih baik
  • menjernihkan pola pikir (tenang & optimis)
  • kesanggupan membuat keputusan yang lebih baik
  • mengekspresikan diri, dan menghargai diri sendiri
  • melihat hidup lebih positif
  • menjadi manusia yang lebih baik dan menyenangkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar