Selasa, 11 Oktober 2011

Patrisia's Practice Journal

PATRISIA'S JOURNAL
By: Patrisia Trisnawati
Edited by: Jelia Megawati Heru

Kamis, 6/10/11

Hari ini latihan Golden Fingers di rumahku untuk kesekian kalinya. Sempat diselingi dengan mati lampu, ngobrol-ngobrol dan latihan sebagai page turner. Lagu yang dilatih hari ini Brazilleira dan A Carmen Celebration. Posisi piano dirubah seperti rencana posisi pada hari-H. Agak terganggu dengan pantulan cahaya silau pada score.  

Overall, intensitas latihan hari ini cukup membuat perut kriuk-kriuk dan otak sedikit nge-hang. Rupanya main piano duet itu sama sekali nggak bisa dibilang sebagai sesuatu yang simple. Butuh banyak jam terbang, dan banyak lirik-lirikan hahahahaha...yang pasti, rencana Amanda utk nyobain Bakmi Sunrise lagi-lagi tertunda. Hihihihi. Sekian masukan sy hari ini utk blog Golden Fingers...

Selasa 11/10/2011

Pagi ini dimulai dengan latihan Jamaican Rhumba antara Kenia dan Christine. Ketika Amanda datang, kami berlatih lagu Scott Joplin. Menggantikan Livia yg belum datang, Lagu ini sungguh menarik namun sulit bagiku untuk bisa "ikut" kedalam permainan mereka.

‎​Hari ini lagu Scott Joplin, Jambalaya dan Jamaican Rhumba dilatih dengan serius. Kamipun berlatih cara "bernafas"...apa dan bagaimana cara bernafas supaya group bisa mulai main bersama-sama secara tepat?

Piano ensembles ini terbukti membuat para pemainnya belajar "mendengarkan" satu sama lain supaya terjadi kekompakan. Terkadang sulit bagi kami, yg masih pusing dengan baca not, mendengarkan permainan sendiri, ditambah dengan harus mendengarkan pemain-pemain yang lain. "Mendengarkan" disini juga termasuk mengenali jiwa lagu yang sedang dimainkan, dan tentunya keunikan masing-masing lagu.  

PIANO ENSEMBLE
adalah campuran antara: Keunikan lagu, keunikan setiap pemain, tingkat kesulitan lagu, bekerja sama/kekompakan para pemain, dan yang paling penting adalah membuat pendengarnya dapat ikut merasakan jiwa dari lagu tsb.

Ketika hal yang terakhir bisa dicapai, maka kepuasan tiada terkira yang bisa dirasakan oleh para pemain. Di dalam musik, semua bercampur...apa saja...suku, warna kulit, agama apapun, bahasa apapun, warga negara manapun, latar belakang apapun...semua bersatu di dalam musik.

Ketika melihat video rekaman, itu yg kurasakan...wah apa ya rasanya bermain piano bersama orang Jepang, Amerika, Swedia, dsb.?

*Note: video latihan menyusul ya, music lovers, don't miss it!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar