Kamis, 20 Oktober 2011

Practice Journal "Music is Colorful" - by Patrisia & Talitha

‎​"MUSIC IS COLORFUL"
 by Patrisia Trisnawati & Talitha Theodora
edited by Jelia Megawati Heru


Kamis, 20 Okt 2011

PATRISIA:

Di dalam musik.....setiap kunci memiliki "warna" berbeda, yang akan menghasilkan suara/nuansa berbeda. Hal ini tertuang dalam lagu Get up n' Go (Robert Vandall). Dalam lagu tersebut terdapat banyak perubahan warna dalam bagian-bagiannya sehingga menjadi menarik untuk didengar. Penguasaan rhythm dalam lagu ini pun amat terasa. Sekali lagi, dalam permainan one piano four hands ini kita diminta untuk saling mendengarkan dan mengisi satu sama lain. 

Dalam lagu Sleeping Beauty....Miss Jelia sibuk humming
yang merupakan memory recall dari masa kecilnya ketika menonton bagaimana Princess Aurora menari dan mencari pangeran dambaan hatinya.

ONCE UPON A DREAM
"I know you, I walked with you once upon a dream
I know you, the gleam in your eyes is so familiar a gleam
Yet I know it's true that visions are seldom all they seem
But if I know you, I know what you'll do
You'll love me at once, the way you did once upon a dream"



 
Lagu Waltz yang sungguh elegan dan indah. Bukan hentakan kasar pada tuts, tapi menjelmalah menjadi seorang puteri yang sedang mencari sang pangeran. Maka nuansa elegan yang akan keluar dalam lagu ini. Bagaimana penghayatan dalam lagu amat penting.
 
Hari ini kami juga melatih Diana Waltz. Aku amat senang karena hari ini merasa dapat bermain semakin baik dari sebelumnya. Kerjasama dan kekompakan pemain as a group semakin terlihat.  


TALITHA:

Pagi ini suasana sangat ceria karena Patrick sedang sumringah..tiap hari yang menyambutku di depan pintu utama itu Patrick kecil tersayang..aku datang paling awal..

Suasana Kamis terasa sangat santai dibandingkan Kamis-Kamis sebelumnya karena Miss Jelia yang paling cantik sejagat datang terlambat sambil membawa banyak berkat makanann..awww..sangat perhatian... 

Lalu tiba-tiba kelas dimulai..aku dapat special class dari Miss Jelia. Pada lagu Get Up 'n Go (R. Vandall) terjadi banyak perubahan kunci. Biasanya aku hanya sekedar tinggal pencet aja mengikuti key signature-nya. Tetapi aku diajarkan lebih disini. Aku banyak mendapatkan ilmu-ilmu baru dalam menghayati kunci yang seakan-akan mempunyai warna-warna tersendiri. Misalnya A-flat Major (kunci kesukaan Miss Jelia) mempunyai karakter yang hangat; C Major seakan-akan mempunyai warna yang bright, seperti fanfare.

Pada setiap perubahan kunci yang terjadi, aku harus benar-benar bisa membuat perbedaan suasana di dalam lagu tsb. Bukan hanya sekedar menekan tuts dan membaca not saja, tetapi harus mulai belajar mendengarkan dan mengapresiasi bunyi dari kunci yang berbeda-beda itu.

Aku yg sangat grogian dan miss anti-perform ini pun harus terbiasa tampil dengan baik di depan galaxy tab Miss Jelia, karena kalau tidak Miss Jelia yang alim bisa jadi garang dan aku nanti tidak dibagi makanan lagi (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩) 

Jadi pengambilan take 1 dimulai, masih belum dapat karena aku 'goyang' tidak stabil di beberapa tempat terutama di bagian perubahan kunci terjadi - maklum *tombol on deg-degan nya belum di-off in*

Take 2 dimulai..dapat akhirnya! Fiuhh..bisa dilihat dibawah ini yahh..hahahaha..




Semoga nanti pas konser, nggak ada take-take-an pun aku bisa bermain dengan lancar dan baik. Mohon doanya ya semuanya. Aku pasti akan berusaha sebaik mungkin. Mungkin sekarang aku masih cupu dibandingkan dengan performer lainnya *lebih suka dibalik layar saja grogian abiess, tetapi aku pasti berusahaaa... Apalagi dibantu oleh mentor ku,  Miss Jelia yang paling cantik sejagat, apalagi kalau setiap latihan dibawain makanan *icon mata hati-hati berbinar cring cring!! :D

Nah, ini sekarang tentang Talitha yang suka bingung. Miss Jelia berkali-kali bertanya "kok kamu kayak orang bingung sih, lagi bingung apa dan di sebelah mana yang bikin bingung nya?" (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩) 

Ketahuan deeh... Aku memang terkenal tukang bingung - sedihnya hatikuu turun panas demamku *lohh..hahahaha..iya..aku suka bingung dan grogian sendiri padahal nggak ada apa-apa oh sedihnya. Disinilah biasanya aku dan teman-teman seperjuangan dapat ilmu baru, mulailah ceramah Miss J tentang mindset tengterengg tengtengterenggg treeeeennngggg!!..."Hmm..hmm..bla3" *ceramahnya kalau ditulis kepanjangan. Intinya, beliau menyemangati kita, agar kita bisa mengatur mindset kita. Apapun, bagaimanapun kondisinya, kita harus bisa mengontrol diri kita untuk tetap T-E-N-A-N-G... meskipun sedang dilanda badai problematika kehidupan. Selain itu aku juga mendapatkan masukkan tentang posisi badan dan duduk yang terlalu tegang, terlalu ke depan. Begitu posisi badan sedikit dimundurkan, ternyata aku bisa langsung rileks seketika, tenang, fokus dan konsentrasi. Begitu aku bisa tenang, fokus, rileks ternyata aku lebih bisa mendengarkan permainan teman duetku dan dengan mudahnya menyesuaikan ritmik dan dinamika dengannya, serta musiknya jauh lebih terdengar indah. Thank you for the great input, Miss J!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar