Jumat, 14 Oktober 2011

Standarisasi Nasional Pendidikan Musik (after MENC)


 

Musik Pendidikan merupakan bidang studi yang yang berasosiasi dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam musik. Di dalamnya terkait berbagai bidang, seperti: musik psikologi, metodik-didaktik dan musik terapi. 

Pendidikan musik seseorang bisa dilakukan secara individual & sosial dengan waktu belajar sepanjang hidupnya. Integrasi pelatihan musik ke dalam pendidikan sekolah umum mulai dari pra-sekolah dipertimbangkan sebagai aspek fundamental yang penting bagi perkembangan kemampuan, karakter, sikap dan kultur manusia. 

Di Amerika, pendidikan musik sudah memiliki standar nasional yang diberlakukan di seluruh sekolah dan setiap negara bagian di Amerika serta dipelopori oleh para praktisi pendidikan.

9 Standarisasi yang harus dimiliki dalam pendidikan musik
 menurut MENC - The National Association for Music Education (pada tahun 1994)
  • Bernyanyi, baik secara individu maupun bersama  
  • Bermain musik pada instrumen musik
  • Menerapkan teknik improvisasi pada melodi, variasi dan iringan (accompaniment) 
  • Menciptakan  (composing) dan mengaransi lagu (arranging) 
  • Membaca notasi balok 
  • Mendengarkan, menganalisa dan mendeskripsikan musik 
  • Mengevaluasi musik dan berbagai performa musik 
  • Pemahaman tentang hubungan/korelasi antara musik dengan bidang seni & disiplin ilmu di luar seni  
  • Pemahaman tentang hubungan/korelasi antara musik dengan sejarah serta sosial budaya yang berkembang di era tertentu  



Filosofi dari LOWELL MASON 
seorang pedagog musik di Amerika tentang pendidikan musik
  • Tujuan dari musik di sekolah umum adalah untuk menciptakan individu yang mempunyai inteligensi musik yang tinggi daripada melatih musisi professional
  • Kualitas dari musik yang digunakan dalam KBM sangat krusial dan vital. Hanya musik dengan nilai artistik yang tinggi saja yang diperkenankan untuk digunakan dalam kelas musik
  • Proses KBM yang diterapkan juga mempunyai arti yang sangat penting daripada produk hasil pengajaran tersebut
  • Supaya lebih efektif, maka pendidikan musik harus dimulai sedini mungkin
  • Musik adalah suatu disiplin ilmu yang melibatkan semua indera manusia dan mengkontribusi perkembangan yang positif dalam kehidupan manusia
  • Untuk berhasil di dalam musik, maka kerja keras dan displin sangat dibutuhkan
  • Pengalaman praktek harus terlebih dahulu didahulukan dibandingkan dengan teori dan teori harus berkembang sesuai dengan pengalaman praktek tersebut
  • Musik literatur (repertoire) merupakan sekaligus kemungkinan dan tujuan yang diinginkan bagi kebanyakan individu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar