Minggu, 30 Oktober 2011

Practice Journal "T.E.A.M = Together Everyone Achieves More!"

Practice Journal   
Thursday, October 25th,2011

"T.E.A.M = Together Everyone Achieves More!" 

by: Patrisia Trisnawati & Clarissa Rachel
edited by: Jelia Megawati Heru 



by: Patrisia Trisnawati

Braziliera adalah lagu berirama samba, yang membuat pendengar ingin bergoyang bersama dengan alunan lagu. Semakin dilatih, lagu ini semakin asyik untuk dipelajari. Setelah Miss Jelia melihat adanya kebersamaan aku dan Clarissa untuk bermain lagu ini, baik dalam tempo maupun kekompakan, mulailah Miss Jelia melatih kami untuk "menari bergoyang samba" dalam lagu ini.

Di satu bagian ketika Clarissa menjadi melodi, aku harus menyokongnya dengan berirama samba, dengan memainkan not bukan legato tetapi lebih terputus-putus ala samba. Begitu pula sebaliknya, di bagian ketika aku menjadi melodi, Clarissa-lah yang mendukung dengan "menari" ala samba. Ketika bagian saling mengisi, kami harus bisa saling bersahut-sahutan dengan baik. Memainkan bagian melodi harus menonjolkan diri, jangan takut ditinggal oleh sang pengiring, begitu pula sebaliknya, sang pengiring harus bisa memberi support agar sang melodi bisa "bersinar". Banyak juga bagian-bagian yang penting seperti tanda rest yang sering kami acuhkan sehingga ketukan menjadi tidak pas, mind set bahwa di bagian scale A major dan interval 3rds aku harus melihat tangan kiriku dan "merasakan" permainan tangan kananku sehingga not akan menjadi tepat, cara menekan pedal dan bagaimana cara "bernafas" di setiap permulaan bagian-bagian lagu. Aku merasakan sendiri apa bedanya bermain dengan "bernafas" dan tanpa "bernafas". Ketika aku "bernafas", ajaibnya tenaga lebih yg kudapatkan untuk bermain bagian tersebut. Ketika aku lupa "bernafas", bagian tersebut melempem! Hahahaha....

Lalu ketika mempelajari suatu lagu, biasakanlah untuk menandai bagian-bagian yang sulit sehingga bagian-bagian tersebut bisa dilatih terlebih dahulu daripada memainkan lagu tersebut dari awal hingga akhir, dimana tenaga kita akan keburu habis untuk memainkan bagian yang sulit tadi....

Sekali lagi, mungkin yang disebut panick attack memang sering terjadi padaku. Ketika aku tak siap (dan tentu saja Miss J langsung bisa menebaknya hahaha) pasti permainanku langsung berantakan. Ketika aku betul-betul siap, permainanku bisa rapih. 

Bagaimana dengan posisi badan dan duduk kita pada piano? Ternyata berpengaruh pada permainan. Ketika kita lay back, permainan apa yg akan kita hasilkan? Ketika badan kita maju, apakah kita akan memberi power yang lebih pada permainan kita? Apakah letak kaki berpengaruh? Bagaimana kita menapakkan kaki kita dan apa dampaknya pada permainan kita? Wow....pelajaran yg kami dapat sungguh-sungguh tak ternilai harganya......

Di akhir hari ini...pertanyaanku adalah...apakah Patrick (putra semata wayang kesayanganku yang berumur 2,5 tahun) akan semakin heboh goyangnya setelah jiwa Samba kami semakin kental? Hihihihihi....


by: Clarissa Rachel

Pada latihan hari ini saya mendapatkan banyak sekali masukan dari Miss Jelia melalui lagu Brazileira. Sebelum Miss Jelia datang, saya dan Patris sudah melatih lagu ini terlebih dahulu terutama pada bagian-bagian yang sering salah. Setelah latihan beberapa kali, kami merasa permainan kami sudah lebih baik drpd minggu-minggu sebelumnya....hehehe. Tetapi, ketika permainan kami diperdengarkan kepada Miss Jelia, ternyata masih banyak sekali kekurangannya terutama permainan saya. Diantaranya adalah bass yang kurang keluar, istirahat yang tidak pernah diperhatikan, penggunaan pedal yang kurang baik, style samba yang masih belum terlalu didapat dan masih banyak lagi.

Hal yang paling penting dalam memainkan lagu ini, Miss Jelia mengatakan bahwa saya sebagai pemain piano pertama harus bisa menjadi soloist yang baik dan harus dapat membuat orang-orang tertarik untuk melihat permainan saya. "When you play as a soloist, be a soloist, but when you play as a group, you must support each other."

Pada bagian-bagian tertentu saya harus berani menunjukkan permainan saya yang terbaik tetapi adapula di bagian-bagian tertentu dimana Patris sebagai pemain piano kedua harus menonjol sehingga saya harus menjadi pengiring yang baik, jadi dalam memainkan lagu ini kami harus saling mendengarkan dan mendukung satu sama lain.

Memang masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki lagi tetapi saya yakin, dengan latihan yang intensif dan maksimal dan banyaknya masukan-masukan dari Miss Jelia yang sangat berarti,  saya dan Patris akan berusaha memberikan permainan yang menghibur dan kita sebagai pemainpun dapat menikmatinya. 

Here is our rehearsal video of the day:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar